"Selamat Datang di Blog SMP Negeri 196 Jakarta, Sekolah Berkarakter Bangsa"

19 January 2009

Roket Air


Sabtu, 17 Januari 2009. SMP Negeri 196 Jakarta mendelagasikan 3 siswa yang berbakat untuk mengikuti Expo UNJ dibawah komando KPM (Kelompok Peneliti Muda) yaitu mengikuti Lomba Roket Air. Tiga siswa tersebut adalah Alfian Nur Cholis dan Enjico PP dari siswa kelas VIII-1 dan Diah Madya PS dari kelas VIII-2. Dan dibawah bimbingan Bapak Sutarso, S.Pd dan Bapak Sulis Riyanto, S.Pd. Jam menujukkan pukul 07.55 rombongan SMP 196 Jakarta memasuki Kampus Universitas Negeri Jakarta di kawasan Rawamangun, padahal sesuai acara akan dimulai pukul 08.00. Tetapi ternyata belum banyak peserta yang datang. Tapi justru panitia masih disibukkan dengan segala sesuatu untuk persiapan lomba. Dan berarti tidak terlambat.
Setelah registrasi, hampir jam 9.00 acara lomba baru dimulai diawali dengan sambutan dari Panitia, Dosen Pembimbing dan terakhir dari LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional). Inti dari lomba roket air ini adalah ajang untuk wakil Indonesia dalam kontes Roket Air Dunia. Tahap-demi tahap nantinya akan disaring sampai tingkat nasional yang akan dipertandingkan di Bali, dan yang menang akan mewakili Kompetisi Roket Air Dunia.

Sekitar jam 09.30 acara lomba dimulai dengan masing-masing peserta regu mengambil undian. Jumlah peserta adalah 16 sekolah yang terdiri dari 18 regu. Dan kesibukanpun berlangsung untuk mempersiapkan segala peralatannya untuk menciptakan sebuah roket air.Kurang lebih waktu satu setengah jam diberikan untuk menciptakan roket air yang nantinya akan diperlombakan.

Satu setengah jam berlangsung, hingga akhirnya uji coba peluncuranpun dimulai. Hasilnya ada yang berhasil dan ada juga yang belum. Hingga acara dihentikan dulu untuk sholat dan makan siang. Sekitar jam 13.00 acara dilanjutkan.
Gimana peserta dari SMP 196 Jakarta ya ? Begini hasilnya : Dari kualitas hasil wow keren lho ! Bahkan kalau menurut penilaian seorang panitia dari segi bentuk paling bagus. Tapi ketika diluncurkan, yang pertama cuma berhasil meluncur kurang lebih 10 m dan yang kedua melesat jauh ..... eeee keluar dari sasaran yang diharuskan. Jadi kesimpulannya, hasil yang dicapai untuk lomba kali ini peserta SMP 196 Jakarta belum berhasil. Tapi paling tidak, inilah ajang pertama kontingen di ajang lomba roket air ini. SMP Negeri 196 tidak berkecil hati dan akan terus berinofasi untuk lomba-lomba berikutnya.
Oh ya, hasil dari lomba roket air adalah sbb : Juara I, SMPN 240 Jakarta, Juara II, SMP 158 Jakarta dan juara III, SMP 240 Jakarta.

7 comments:

Diah Mps said...

Subhanalloh lomba nya benar-benar asyik di UNJ, Semoga lomba roket air nya diadakan lagi dan SMP N 196 Jakarta akan mendapatkan piala aamiin

Diah Mps said...

Subhanalloh :) bagus bgt

Diah Mps said...

Subhanalloh :)

Diah Mps said...

Subhanalloh :) asyiik bgt

Diah Mps said...

bgus bgt

Diah Mps said...

Bismillah... :)

Godiah lestari said...

Bismillah... tetap semangat dalam meraih cita2,, semoga jadi guru yg professional ya Diah... selamat juga kemarin dpt A nilai matkul Dasar-Dasar Bimbingan Konseling (BK) nya...

Post a Comment